Apa Negara Sekaya Qatar Bisa Bangkrut?

Solid Gold Qatar adalah negara kaya. Hal itu tidak terbantahkan setelah mengetahui cadangan devisa US$ 300 miliar, belum termasuk emas senilai US$ 40 miliar. Pertanyaan selanjutnya, berapa lama Qatar bisa bertahan?

Ekonomi Qatar harus memutar haluan setelah negaranegara Teluk, kongsi Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik lengkap dengan transportasi. Apalagi setelah pemerintah Qatar kibarkan bendera perlawanan, menolak sanksi ekonomi yang diberlakukan sejak bulan lalu.

Gubernur Bank Sentral Qatar Sheikh Abdullah bin Saud alThani memastikan seluruh cadangan devisa bisa digunakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

Kalangan analis meyakini Qatar masih akan baikbaik saja bila arus modal bergerak keluar akibat krisis. Proyeksi Bank of Amerika, dana US$ 35 miliar dalam setahun bisa kabur bila negaranegara Teluk Arab menarik simpanan serta pinjamannya.

Qatar bisa rasakan sakit kalau saja harga gas alam terus merosot. Mata uangnya akan menjadi korban pertama dari posisi terburuk Qatar.

Saat krisis, aset domestik dihargai sangat murah oleh pembeli asing. Begitupun dengan aset yang dimiliki asing, juga belum tentu bisa dijual dengan cepat dan harga yang sepadan.

Obligasi tradable atau saham terdaftar yang dapat dilikuidasi dengan cepat dan mudah jika diperlukan adalah rahasia negara. Hal tersebut dianggap sebagai pemicu spekulasi atas keuangan Qatar sesungguhnya.

Seperti yang dilansir Reuters, Rabu (19/7/2017), sumber dari pemerintah menyebutkan bahwa kurang dari selusin orang memiliki akses ke semua rincian cadangan di Qatar Investment Authority (QIA).

“Pada dasarnya tidak ada informasi. Ada banyak hal yang sulit untuk dijual, entah karena ukuran, kepentingan strategis atau nilai depresiasi,” kata sumber tersebut.