Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo, Siapa Lebih Mahal? Ini Jawabannya! bagian 1

Dalam evaluasi yang disampaikan oleh Universitat Politcnica de Valncia (UPV) terungkap jika nilai Messi mencapai 141 juta Euro. Sementara CR7, hanya 101 juta Euro. Bagaimana kriteria evaluasi ini?
Angka-angka yang menyelimuti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ini, diperoleh dari analisis metode Proses Hierari Analisis dengan berbagai variabel. Mulai dari jumlah gol, assist per pertandingan, kartu kuning, kepemimpinan, dan nilai pasar yang dikumpulkan oleh Messi dan Ronaldo.
Metode evaluasi berdasarkan hal ini sendiri, tidak hanya dilakukan untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saja. Tetapi juga bintang-bintang kenamaan Liga Spanyol, seperti Gareth Bale, James Rodriguez, Luis Suarez, dan Neymar. Perhitungan dilakukan dengan mengacu pada variabel d atas, pada musim 2014-2015.
Sebelumnya, metode ini dicetuskan oleh Profesor Thomas Saaty dari University of Pittsburgh. Awalnya, metode tersebut diterapkan untuk membantu pengambilan keputusan dan pembangunan konsensus di bidang bisnis dan organisasi. Metode ini juga sudah dipraktikkan selama 14 tahun dan terbukti ampuh untuk mengukur nilai di berbagai hal. Termasuk di antaranya aset pertanian, perkotaan, lingkungan, hingga karya seni.
Direncanakan, analisis berikutnya tentang nilai Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan dilakukan di kuliah Mooc di UPV pada 25 April 2016. Studi ini sendiri, dilakukan oleh UPV bekerja sama dengan dua universitas ternama Amerika Serikat, yaitu Massachusetts Institute of Technology serta Harvard University.

nikemaxukonline.com data sidney Sumber: Sidomi