Pemerintah Timor Leste Bertindak, Arema FC Lepas Fellipe Bertoldo

Manajemen Arema FC memutuskan berpisah dengan gelandang asal Brasil yang terbukti memakai paspor ilegal sebagai WN Timor Leste. Dia adalah Fellipe Bertoldo yang menjadi andalan Arema di Piala Presiden 2017, hingga menjadi juara.

Seperti diketahui pada awal pekan ini, Pemerintah Timor Leste menyatakan mencabut dan melarang penggunaan paspor sebanyak sembilan pemain. Pencabutan dan pelarangan itu sebagai imbas dari skors yang dijatuhkan AFC dan FIFA.

Skors dijatuhkan karena Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL), terbukti memasulkan akte kelahiran orang tua para pemain itu, dari WN Brasil menjadi WN Timor Leste.

Dengan demikian anak-anaknya bisa mendapat kewarganegaraan ganda di Timor Leste, dan bisa memperkuat timnas bekas provinsi Indonesia itu. Kasus ini terbongkar pada tahun lalu.

Akibat perbuatan itu Timor Leste dilarang ikut kualifkasi Piala Asia 2023, hingga Sekjen dan staf FFTL diskors berat oleh AFC. Para pemain itu memakai kewarganegaraan ilegal sepanjang 2011-2015.

Manajer Arema FC Ruddy Widodo mengatakan untuk menghindari segala sengketa dan lain-lain, pihaknya memutuskan tidak melanjutkan kontrak Fellipe Bertoldo.

“Terima kasih atas dedikasi Fellipe Bertoldo. Atas keputusan itu Bertoldo kami kembalikan kepada agennya,” ujar Ruddy Widodo.

Arema FC pun dikejar waktu untuk bisa mencari gelandang pengganti Bertoldo. “Manajemen sudah berdiskusi dengan Bertoldo. Kami segera mencari pemain asing pengganti secepatnya,” ujar Ruddy Widodo.*Ari DP

BERITA TERKAIT

nikemaxukonline.com sbobet link Sumber: TopSkor ID